PERALATAN
DAN PERLENGKAPAN
PENUNJUANG
KEGIATAN PERKANTORAN
Oleh:
Rizky Praditiya Herdiana
Abstract
Equipment and office supplies are items that are used
for the future it is expected that generates output in the office. Office
equipment and supplies needed to support and assist the activities in the
office. Office equipment and supplies treated so that later can be used
optimally. Along with the development of technology, office supplies will be more
sophisticated to support the activities of the office are heavier and more. Facilitating
the office with modern technology aims to achieve productivity of office work
as efficiently in effort, cost and time. Therefore the use of equipment and
technologies office appropriately is very important in a company.
Keywords: equipment, office supplies, technology.
Abstrak
Peralatan dan perlengkapan kantor adalah
barang-barang yang digunakan untuk nantinya diharapkan dapat menghasilkan
output di dalam kantor. Peralatan dan perlengkapan kantor dibutuhkan untuk
menunjang dan membantu kegiatan-kegiatan yang ada di kantor. Peralatan dan
perlengkapan kantor dirawat agar nantinya dapat digunakan dengan optimal.
Seiring dengan perkembangan teknologi, perlengkapan kantor akan semakin canggih
untuk menunjang kegiatan kantor yang lebih berat dan banyak. Memfasilitasi
kantor dengan teknologi modern yaitu bertujuan untuk mencapai dan memenuhi
produktifitas pekerjaan kantor dengan seefisien mungkin dalam tenaga, biaya
maupun waktu. Oleh karenanya penggunaan peralatan dan teknologi kantor yang
tepat sangatlah penting dalam sebuah perusahaan.
Kata kunci: peralatan, perlengkapan, teknologi.
PENDAHULUAN
Perusahaan besar maupun kecil, pasti mempunyai
perlatan dan perlengkapan di kantornya. Peralatan dan perlengkapan kantor
tersebut dipakai untuk memenuhi dan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan di dalam
kantor. Jika tidak ada perlengkapan kantor maka pekerjaan-pekerjaan kantor yang
harus diselesaikan akan tertunda dan menumpuk. Jadi kegiatan-kegiatan di kantor
akan terhambat dan operasi yang dilakukan di kantor akan selesai dalam waktu
yang lama, bahkan tugas-tugas di kantor tidak akan selesai. Dengan
pekerjaan-pekerjaan kantor yang semakin banyak, maka diperlukan juga peralatan
dan perlengkapan yang lebih maju. Teknologi baru diperlukan agar pekerjaan
kantor yang semakin banyak, dapat diselesaikan dengan waktu yang semakin cepat.
Menurut Nurulwida(2013:2) Sebuah kantor tidak akan
berjalan dengan benar jika tidak mempunyai peralatan kantor yang memadai. Selain
sumber daya manusia, peralatan sarana dan prasarana kantor pun sangatlah
penting. Memfasilitasi kantor dengan mesin-mesin modern bertujuan agar mencapai
produktifitas pekerjaan kantor seefisien mungkin secara biaya, tenaga dan
waktu. Oleh karena itu penggunaan mesin kantor dan peralatan yang tepat sangat
penting dalam perusahaan.
TINJAUAN
PUSTAKA
Pengertian
peralatan/perlengkapan kantor
Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, peraltan/perlengkapan
kantor adalah istilah yang mengacu kepada semua perlengkapan yang umumnya digunakan
di kantor, perusahaan dan organisasi lainnya mulai dari perorangan sampai
pemerintah, yang bekerja untuk mengumpulkan, memperbaiki, dan memberikan
informasi (dalam bahasa sehari-hari disebut dengan "kertas kerja").
Perlengkapan kantor ini yaitu barang-barang kecil
yang digunakan sehari-hari seperti staples, pelubang kertas, penjepit kertas,
kertas dan bolpoin tetapi juga mencakup perlengkapan mahal seperti faksimili,
printer, computer, mesin foto kopi dan kas register, juga furniture kantor
seperti bilik, lemari arsip dan meja.
Contoh
peralatan kantor
1. Meja kantor
Meja kantor didesain khusus untuk peralatan kantor. Bentuk
meja biasanya terdapat beberapa laci untuk menyimpan berbagai macam surat, alat
tulis, arsip, dan perlengkapan penting lainnya.
Meja kantor merupakan peralatan penting dan dapat
didesain berbeda untuk tingkatan yang berbeda pula, baik untuk karyawan maupun
untuk pimpinan perusahaan. Dalam melakukan berbagai aktivitas perkantoran kebutuhan
meja untuk para pimpinan perusahaan memiliki perbedaan dengan meja yang
digunakan untuk karyawan lainnya. Perbedaan ini biasanya berbeda dari bentuk,
desain, jenis bahan yang digunakan, dan fungsinya.
Beberapa pertimbangan memilih meja kantor yang baik
adalah :
Kekuatan dan
daya tahan. Menjamin kekuatan meja kantor, dapat dilihat dari bahan
pembuatan meja kantor tersebut. semakin berat beban yang diletakan di atas meja
maka bahan yang dipakai untuk membuat meja haruslah semakin bagus. Bahan meja
yang digunakan biasanya mempunyai tingkatan masing-masing, contohnya, bahan
meja dari kayu harus dipilih yang kuat agar tahan lama, namun meja yang dibuat
dari bahan logam bisa dipilih meja yang terbuat dari baja dan lain sebagainya.
Bentuk laci dan jumlahnya. Meja dengan
laci bisa digunakan untuk menyimpan dokumen. Bentuk dan jumlahnya bisa dipilih
sesuai dengan kebutuhan kantor. Untuk meja kebutuhan keamanan bisa dipilih meja
yang mempunyai kunci, untuk memastikan segala sesuatu baik uang, benda, dokumen
dll didalamnya dipastikan aman.
Desain meja kantor. Desain ini
mempengaruhi kenyaman para pekerja kantor. Desain meja terkait dengan
pengguanaan warna meja dan lain sebagainya. Desain meja yang bagus akan menarik
perhatian customer dan membuat para pegawainya nyaman berada di meja tersebut. Dengan
menggunakan meja yang bagus tentu kurang lebih akan menambah citra perusahaan.
Fungsi. Meja kantor dibuat dengan beraneka
ragam fungsi. Masing-masing dibuat dengan fungsi yang berbeda, ada yang dibuat
khusus untuk menyimpan berkas dan dokumen, ada yang dibuat khusus untuk
menyimpan computer dan CPU, ada yang diguanakn untuk rapat manajer dan
sebagainya, adapula yang dibuat untuk multifungsi. Meja kantor yang bagus
adalah meja kantor yang fungsinya beraneka ragam.
Dalam memilih meja harus diusahakan memilih meja yang
mempunyai panel kayu didepan meja tersebut, hal ini berguna untuk menjaga
bagian bawah tubuh karyawan wanita yang menggunakan rok pendek.
Ukuran. Banyak ukuran meja yang dapat
dipilih untuk kegiatan perkantoran. Besar kecilnya meja ditentukan oleh luasnya
kantor. Agar kantor tidak terlihat kosong ataupun tidak terlihat terlalu sempit.
2. Kursi Kantor
Merupakan peralatan kantor yang mempunyai beragam
bentuk, ukuran, desain. Kursi kantor dibuat secara khusus untuk memberikan
kenyamanan baik bagi customer, atau karyawan perusahaan itu sendiri.
Ada berbagai macam warna, jenis, bentuk kursi kantor.
Oleh karena itu, kursi kantor harus dipilih secara matang.
3. Lemari arsip
Lemari arsip berfungsi untuk menyimpan
dokumen-dokumen penting, surat-surat yang akan digunakan kembali nantinya, surat
keluar dan masuk, kwitansi, nota dan dokumen lainnya. Dengan adanya lemari kantor
ini, maka data perusahaan akan disimpan dengan lebih rapi dan aman. Ada
beberapa hal yang biasanya mempengaruhi keamanan dokumen tersebut. contohnya,
bahan lemari yang digunakan, peralatan pengamanan, letak lemari, dan lain
sebagainya.
4. Rak Arsip
Pada dasarnya rak arsip memiliki fungsi yang hamper
sama dengan lemari arsip, yaitu untuk menyimpan dokumen-dokumen perusahaan. Perbedaannya
rak arsip tidak memiliki pintu, tetapi lemari arsip memiliki pintu yang dapat
dibuka. Rak arsip biasanya digunakan untuk menyimpan arsip yang menyamping. Untuk
mempermudah pencarian, biasanya arsip dimasukan dulu kedalam kotak arsip dan
diberi tanda/label khusus untuk menetapkan judul, nomor dan kode tertentu dari
arsip-arsip yang berada di dalamnya.
5. Box File
Box file, biasa disebut kotak arsip biasanya terbuat
dari bahan plastik, kardus, multiplex atau alumunium, dan digunakan untuk
menyimpan arsip. Kotak arsip ini memiliki warna yang beraneka ragam, hal ini
bertujuan agar pencari arsip mudah untuk menemeukan arsip yang berada di
dalamnya. Fungsi dari kotak arsip juga untuk merapikan meja kerja agar
dokumen-dokumen penting tidak berantakan dan berserakan.
Menurut Nurulwida (2013:5) mengenai peralatan kantor
yang akan digunakan oleh suatu instansi adalah tergantung kepada ruangan yang
ada, keuangan perusahaan itu sendiri dan beban kerja perusahaan yang
bersangkutan. Maka dari itu perencanaan dan pemikiran haruslah di pikirkan
dengan matang dalam menentukan peralatan dan kualitasnya jauh-jauh hari sebelum
membeli peralatan kantor tersebut. Penggolongan kualitas peralatan yang
dimaksud dapat dijadikan pedoman, baik untuk merencanakan pembelian peralatan
maupun untuk meneliti peralatan-peralatan kantor. Perlu juga menerapkan ilmu
ergonomi, adalah ilmu yang mempelajari keserasian alat-alat kantor dan
alat-alat kerja dengan para karyawan kantornya, sehingga membuat suasana kerja
yang baik. Meja kerja seorang karyawan
perlu di tata dan di sediakan alat-alat kantor, untuk melaksanakan tugas dan
menyelesaikannya dengan sebaik-baiknya. Perlengkapan
kantor yaitu meliputi barang yang habis pakai dan tidak habis pakai. Pengertian
barang yang tidak habis pakai adalah barang-barang yang tahan lama dan awet, contoh:
alat pelubang kertas. Benda yang habis pakai maksudnya benda tersebut tidak
harus musnah, dan lenyap. Contoh: penghapus, dan type ex yang digunakan
berkali-kali.
Seiring perkembangan jaman dan teknologi, peralatan
dan perlengkapan kantor pun semakin canggih. Kantor tidak akan berkembang jika
tidak mempunyai peralatan dan perlengkapan yang berkembang pula. Berikut ini
adalah perlengkapan kantor yang mengikuti perkembangan teknologi :
Mesin
Kantor
Menurut Nurulwirda(2008:6) Mesin kantor merupakan
salah satu alat penunjang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan efisien.
Mesin-mesin kantor adalah sebuah alat yang dipergunakan untuk mengolah,
mencatat, data dalam pekerjaan kantor yang bersifat elektrik, mekanik dan
magnetik. Banyak perusahaan swasta dan pemerintahan yang mengandalkan
mesin-mesin perkantoran karena kerjanya yang optimal dan cepat sehingga tidak
memakai banyak waktu. Perkembangan
teknologi yang pesat membuat manusia harus bekerja cepat pula. Mengikuti
perkembangan teknologi haruslah mempunyai skil dan keahlian dalam menjalankan
teknologi-teknologi yang berkembang itu. Dan perusahaan akan mendapat
keuntungan yang banyak dari memakai teknologi-teknologi yang baru tersebut. Hal penting dalam memilih peralatan
perkantoran adalah fungsi peralatan tersebut dan jaminan dari para penjualnya seperti
menyangkut masalah pembelian peralatan dan pembelian suku cadang peralatan itu
sendiri, bahan yang dipakai dan kecepatan perbaikan dan pelayanan apabila alat
tersebut rusak agar tidak membuat banyak kesibukan bagi perusahaan. Untuk
memutuskan peralatan apa saja yang dibutuhkan, perlu diperhatikan hal-hal
seperti berikut:
1. Mesin-mesin kantor harus benar-benar diperlukan
oleh kantor.
2. Mesin kantor praktis.
3.Mesin dapat mengurangi biaya pelaksanaan pekerjaan
kantor.
4. Mesin dapat mempercepat selesainya pekerjaan yang
dikerjakan oleh pihak internal kantor.
5. Kualitas mesin baik.
6. Mesin dapat digunakan untuk berbagai macam
pekerjaan.
7. Pemeliharaan mesin dilakukan dengan mudah dan
cepat.
8. Mesin dapat disesuaikan dengan kemampuan para
pegawai yang menggunakannya.
9. Besarnya mesin tidak memenuhi ruangan kantor.
10. Mesin harus sesuai dengan pekerjaan yang akan
dilakukan.
Tidak dapat dibantah lagi bahwa perlengkapan kantor
dan mesin kantor (office equipment and office machine) sangat diperlukan untuk
kelancaran kegiatan perkantoran dan tata kerja perusahaan baik swasta ataupun
pemerintah. Maka, masalah penggunaan mesin kantor dan peralatan kantor dalam
rangka memperlancar prosedur kerja harus mendapat perhatian dari pihak yang
berwenang mengadakan peralatan kantor, baik manager atau yang lainnya. Dipergunakannya mesin kantor dalam melaksanakan
tugas kantor yaitu untuk membantu dan memudahkan manusia dalam menjalankan
pekerjaan kantornya baik yang bersifat rutin ataupun yang bersifat dadakan, baik
pekerjaan yang bersifat manufaktur/pabrik/manufacturing atau pekerjaan yang
bersifat catat mencatat. Ini juga dalam rangka menyadari bahwa manusia itu
penting bagi perusahaan atau organisasi bukan hanya mesin-mesin kantor. Penggunaan mesin-mesin kantor dapat
dibenarkan apabila dipakai untuk pekerjaan-pekerjaan kantor seperti berikut:
1. Dikerjakan berulang-ulang dalam jumlah yang cukup
banyak, sehingga membuat orang yang mengerjakannya menjadi bosan untuk
mengerjakan pekerjaan tersebut. Contoh, pembuatan formulir dengan mesin stensil
2. Jenis pekerjaan terlalu berat untuk dikerjakan
oleh tenaga manusia, contohnya mesin penggaruk tanah, mesin penarik, mesin bor.
3. Akan lambat bila dikerjakan oleh tangan kosong. Contoh,
pembuatan surat rangkap oleh mesin tik, dan pencetakan buku, brosur yang banyak
harus dibantu oleh mesin cetak.
4. Ada formalitasnya, contohnya surat-surat dinas
yang harus diketik.
5. Memerlukan ketelitian yang tinggi, apabila
dikerjakan oleh manusia akan banyak terjadi kesalahan baik dalam penulisan
ataupun yang lainnya. Maka, harus ada mesin otomasi pekerjaan rutin. Contohnya
mesin hitung seperti computer untuk menghitung, mengumpulkan, menjumlahkan,
merata-ratakan, menyortir, dan menggolongkan data-data.
Jenis pekerjaan yang membutuhkan tenaga mesin adalah:
1. Pekerjaan yang berulang dengan jumlah yang banyak
pula.
2. Pekerjaan yang tidak bisa dibantu fisik manusia.
3. Pekerjaan yang lambat bila dilakukan oleh tangan
4. Hasil pekerjaan harus berformat sopan dan rapi
5. Pekerjaan harus dilakukan dengan ketelitian tinggi
Macam-Macam
Mesin
Dari kelima pokok penggunaan mesin terdapat tiga
macam-macam mesin, yaitu:
1. Mesin yang menghemat fisik dan akal manusia
disebut juga labsor saving machine, contohnya alat-alat berat dan besar seperti
fork-lift pada unit gudang dan depo bangunan. Sementara computer, kalkulator dan
alat-alat kecil lainnya untuk keperluan administrasi perusahaan.
2. Mesin untuk menghemat uang yang dikeluarkan oleh
perusahaan disebut juga money saving machine, seperti mesin yang digunakan
untuk mass production. Jadi mesin ini disamping mesin yang bersifat teknis
seperti mesin pintal, komputer (dalam jangka panjang), mesin penggandaan dan
lain sebagainya.
3. Mesin untuk menghemat penggunaan waktu yang
dipakai disebut juga time saving machine, seperti computer, mesin fotocopy,
mesin penggandaan, alat komunikasi dan transportasi dan sebagainya.
Penggunaan
Mesin
Terdapat kerugian dan keuntungan dalam menggunakan
mesin-mesin kantor, walaupun dalam jauh hari sudah melalui proses perencanaan
dalam pembeliannya.
Keuntungan menggunakan mesin kantor:
1.Dapat menghemat biaya apabila dilakukan dengan
optimal dan sesuai dengan pekerjaan.
2. Dapat menghemat waktu dan tenaga penggunanya.
3. Pengendalian ketelitian lebih mudah dikerjakan.
4. Memudahkan dalam pengawasan.
5. Menghasilkan sesuatu yang lebih rapid an lebih
baik.
6. Keterangan yang ada didalamnya akan lebih banyak.
7. Akan mengurangi rasa bosan daripada menggunakan
tulisan oleh tangan.
8. Mengurangi kelelahan pegawai dalam melakukan
pekerjaan sehingga akan menambah mutu hasil yang didapat.
Kerugian penggunaan mesin kantor:
1. Tingkat penyusutan mesin dari beberapa jenis
tinggi
2. Mesin-mesin tertentu memerlukan biaya yang besar
dalam pengadaannya dan pemeliharaannya.
3. Sulit mendapatkan operator mesin yang baik dan
cakap dalam menggunakan mesin, serta memerlukan biaya lagi untuk melatih mereka.
4. Fleksibilitas dari metode mesin sulit didapatkan.
5. Sulit memelihara dan memperbaiki apabila mesin
tersebut rusak.
Peralatan dan perlengkapan serta mesin katanro sering
juga disebut pesawat kantor, yaitu mesin komunikasi untuk melakukan komunikasi,
baik dengan lingkungan sendiri maupun dengan lingkungan luar kantor. Dengan
adanya mesin komunikasi ini di dalam kantor, akan diperoleh keuntungan sebagai
berikut:
·
Penyampaian informasi dapat dilakukan dengan
cepat dan tepat dengan biaya yang hemat.
·
Menghemat tenaga dalam melaksanakan hubungan
didalam kantor dengan sesama penduduk kantor.
·
Meningkatkan produktivitas kerja para pegawai.
·
Mempercepat proses pekerjaan pegawai.
Mesin-mesin kantor yang biasanya diperlukan dan
banyak digunakan dalam rangka menunjang kegiatan perkantoran adalah:
1. Komputer
2. Faksimil
3. Mesin tik elektronik
4. Mesin fotokopi
5. Mesin tik
6. Mesin penghancur kertas
7. Proyektor LCD dan lain-lain
9. OHP
10. Printer 8. Mesin Stensil
1. Komputer
Computer kantor adalah salah satu peralatan kantor
yang harus dimiliki dan penting untuk dimiliki oleh kantor. Selain dapat
digunakan untuk mengetik, mengolah data, mengarsip, membuat desain, dapatpula
digunakan untuk promosi.
Banyak aneka ragam computer yang bisa digunakan untuk
usaha, mulai dari PC atau personal computer, laptop, netbook, notebook, macbook
dan lain sebaginya. Komputer memiliki spesifikasi yang dapat disesuaikan dengan
budget dan kebutuhan perusahaan. Banyak aneka ragam kegunaan computer untuk
menunjang pekerjaan perusahaan:
Menurut catur@staff.akprind.ac.id(2008:4)
Word
Processing, yaitu penggunaan perangkat computer untuk menghasilkan berbagai
macam tugas pengetikan dan pencetakan dokumen secara automatis. Sekretaris dan
manager melakukan pengetikan melalui terminal, dokumen sudah diketik dan diedit
terlebih dahulu, sebelum disimpan ke dalam computer. Dokumen dapat diambil dan
disimpan di media penyimpanan seperti hard disk atau flash disk. Dokumen dapat
dibuat hard copy dalam cetakan printer. Lalu hasil cetakan dapat diberikan
kepada manager sebagai bahan persiapan agar nanti komunikasi menjadi lebih
efektif. Dalam perkantoran yang modern, dokumen tidak perlu dicetak, namun
dapat di attch dan di lampirkan di computer lain yang terhubung dengan satu
jaringan computer yang sama.
Electronic and
voice mail
Voice mail adalah sarana yang disediakan oleh
penyedia jasa layanan telepon yang diberikan kepada pelanggan agar dapat
meninggalkan pesan dalam sebuah mail box apabila orang yang ingin dihubungi
tidak dapat dihubungi. Mail box yang berisi pesan ini dapat di panggil oleh
penerima untuk mendengarkan pesan-pesan yang diterima yang berada didalamnya
ketika penerima tidak dapat mengangkat telepon.
Electronic mail atau disingkat e-mail, hamper sama dengan voice mail,
hanya saja terjadi antara pengguna computer yang berada di jaringan computer
yang sama. Para pengguna e-mail mempunyai mail box atau folder di sebuah e-mail
server yang terhubung 24 jam di dalam jaringan computer. Pengguna e-mail yang
lain dapat mengirimkan pesan ke e-mail box dengan menuliskan alamat e-mail
pengguna yang dituju walaupun pengguna yang dituju tersebut sedang tidak online
atau tidak berada dalam jaringan computer. Untuk membaca pesan-pesan yang
diterima, para pengguna harus membuka e-mail box nya.
Computer
calendaring
Computer calendaring punya analogi untuk menandai
kalender agar tidak lupa terhadap kegiatan kantor yang harus dilakukan. Jadwal
kegiatan kantor, deadline, maupun perjanjian dengan kolega dapat disimpan
dikomputer, pada saat kegiatan ataupun sebelum kegiatan, computer akan
mengingatkan penggunanya dengan penanda alarm. penanda dapat dikirimkan dan
diakses oleh pihak lain yang terhubung dalam jaringan computer yang sama.
Computer
conferencing
Computer yang terhubung dalam satu jaringan yang sama
akan dapat saling berkomunikasi, baik dengan text, audio, ataupun audio-visual.
Dengan memanfaatkan jaringan internet, maka semakin memudahkan pengguna
computer untuk melakukan hal-hal tersebut. Banyak ruang diskusi yang tersedia
baik berupa board services ataupun chat channel yang disediakan portal di
internet. Board Sevice yaituh layanan untuk mengirim pesan dan
pendapat pada satu topic yang tidak interaktif. Sementara chat channel yaitu
sarana bertukar pesan secara interaktif.
Aplikasi
computer untuk kantor
Program aplikasi computer yang dapat mendukung
pekerjaan kantor menjadi lebih baik yaitu Microsoft office, lotus suite, corel,
wordPerfect office. Dan yang mendukung kantor untuk menjelajah dunia maya
internet adalah beberapa situs web seperti internet esplorer, firefox, opera,
google chrome dan lain-lain.
2. Printer
Printer adalah peralatan kantor untuk mencetak
berbagai dokumen dan beberapa hasil pekerjaan dengan menggunakan computer.
Printer merupakan kebutuhan satu paket dengan computer, printer sangat efektif
untuk mencetak berbagai keperluan seperti kegiatan administrasi,
surat-menyurat, dan catat-mencatat.
Banyak aneka ragam jenis printer yang bisa digunakan
perusahaan. Seperti printer dot matrix, inkjet, laserjet. Ini dibedakan dengan
kecepatan printer dalam mencetak.
3. Scanner
Scanner adalah peralatan kantor elektronika yang
digunakan untuk menggunakan dokumen fisik menjadi file atau data yang bisa
dibaca oleh computer. Dokumen fisik ini yaitu berupa gambar, foto, teks diatas
kertas. Scanner dapat berguna untuk sarana pengarsipan secara digital.
4. Kamera
Kamera adalah peralatan kantor yang dapat dijadikan
alat dokumentasi kegiatan-kegiatan kantor. Kamera bisa berupa kamera foto
ataupun video dan bisa digunakan untuk kegiatan perusahaan untuk laporan atau
pun hanya dokumen.
Selain kamera untuk mendokumentasi kegiatan
perusahaan, ada banyak perusahaan menggunakan dan memasang kamera CCTV untuk
keamanan kantor dan perusahaannya. Banyak tipe dan jenis kamera kantor yang
bisa digunakan, hal ini tergantung dari kamera yang dibutuhkan oleh perusahaan
itu sendiri.
5. LCD
Proyektor
Merupakan peralatan kantor yang biasa digunakan untuk
persentasi pada saat rapat ataupun hal-hal lainnya. Alat ini merupakan
perkembangan dari OHP yang biasa digunakan untuk memproyeksikan gambar dan teks
dari kertas bening. Jika ingin menampilkan gambar dari proyektor dapat diperloeh
dari laptop, computer, televise dan lain-lain.
6. Proyektor
OHP
OHP singkatan dari Overhead Projector adalah alat
yang digunakan untuk menjelaskan persentasi secara visual. OHP digunakan untuk
memproyeksikan tulisan dan gambar dikertas transparan yang diletakan di screen
OHP tersebut. Kertas yang diletakan di screen akan diproyeksikan isinya ke
layar dan ditampilkan nantinya. Perbedaan OHP dengan proyektor adalah
persentasi yang ditayangkan oleh OHP harus ditulis langsung di kertas transparan.
7. Jaringan
Telepon dan Internet.
Di zaman perkembangan teknologi dan informasi saat
ini, penggunaan telepon dan internet sangat dibutuhkan bagi perusahaan.
Jaringan ini dapat digunakan sebagai media promosi, baik bisa melalui website
ataupun media sosisal. Salah satu peralatan kantor ini dapat dijadikan media
berinteraksi dengan pihak eksternal ataupun dengan pihak internal. Dengan
internet, para karyawan dapat terhubung secara online dalam pemindahan
data-data perusahaan apabila data tersebut dibutuhkan oleh orang lain dengan
cepat.
8. Mesin
Fotocopy
Mesin fotokopi yaitu peralatan kantor yang berfungsi
menduplikasi dan menggandakan sebuah dokumen dan gambar dengan sangat cepat,
mudah dan murah. Bagi perusahaan besar mesin fotokopi sangatlah penting
keberadaannya untuk menduplikata dokumen-dokumen.
9. Mesin
Penghancur Kertas
Mesin penghancur kertas diperlukan untuk
menghancurkan kertas baik arsip yang tidak diperlukan maupun dokumen yang sudah
tidak diperlukan dan tidak dipakai lagi serta habis nilai gunanya. Peranan
penghancur kertas ini sangat besar, sehingga rahasia yang ada didalam dokumen
tidak tersebar dan tidak diketahui oleh orang lain. Dengan hancurnya kertas
menjadi berbentuk kecil maka akan sangat-sangat kecil kemungkinannya orang lain
akan mengetahui isinya, dan sebelum dibuang sobekan kertas tersebut diaduk
terlebih dahulu.
KESIMPULAN
Peralatan dan perlengkapan kantor dibutuhkan untuk
menunjang kegiatan perkantoran. Kegiatan perkantoran akan terhambat, bahkan
terhenti jika tidak mempunyai peralatan dan perlengkapan yang tidak cocok untuk
menunjang kegiatan perkantoran tersebut. Peralatan kantor harus berkembang
sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi agar kantor berkembang dan dapat
menyelesaikan tugas-tugas seefektif dan seefisien mungkin.
Daftar
Pustaka
2008.caturstaff.akprind.ac.id. teknologi perkantoran modern
Nurulwirda. Sarana Kantor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar